Sabtu, 14 April 2012

Gempa

GempaGempa bumi terjadi ketika energi yang tersimpan dalam batuan elastis tegang tiba-tiba dilepaskan. Ini pelepasan energi menyebabkan tanah intens gemetar di daerah dekat sumber gempa dan mengirimkan gelombang energi elastis, yang disebut gelombang seismik, seluruh bumi. Gempa bumi dapat dihasilkan oleh ledakan bom, letusan gunung berapi, dan tiba-tiba selip sepanjang kesalahan. Gempa bumi pasti bahaya geologi bagi mereka yang tinggal di daerah rawan gempa, namun gelombang seismik yang dihasilkan oleh gempa bumi tidak ternilai untuk mempelajari bagian dalam bumi.
Asal Gempa
Kebanyakan gempa bumi disebabkan oleh alam selip mendadak sepanjang zona sesar. Teori rebound elastis menunjukkan bahwa jika selip sepanjang kesalahan terhalang sehingga energi regangan elastis menumpuk di bebatuan deformasi di kedua sisi dari kesalahan, ketika selip itu tidak terjadi, energi yang dilepaskan menyebabkan gempa bumi. Teori ini ditemukan dengan membuat pengukuran pada sejumlah titik di suatu kesalahan. Sebelum gempa bumi tercatat bahwa batu berdekatan dengan kesalahan itu membungkuk. Ini tikungan menghilang setelah gempa bumi menunjukkan bahwa energi yang tersimpan dalam menekuk batu tiba-tiba dilepaskan selama gempa bumi.
Seismologi, Studi Gempa
Ketika gempa terjadi, energi elastis dilepaskan dan mengirimkan getaran yang melakukan perjalanan di seluruh bumi. Getaran ini disebut gelombang seismik. Studi tentang bagaimana gelombang seismik berperilaku dalam Bumi disebut seismologi.Seismograf - gelombang seismik perjalanan melalui Bumi sebagai getaran. Seismometer adalah alat yang digunakan untuk merekam getaran ini dan grafik yang dihasilkan yang menunjukkan getaran disebut seismograf. Seismometer harus dapat bergerak dengan getaran, namun bagian dari itu harus tetap hampir stasioner.Hal ini dilakukan dengan mengisolasi alat perekam (seperti pena) dari sisa Bumi menggunakan prinsip inersia. Misalnya, kalau pena yang melekat pada sebuah massa besar ditangguhkan oleh musim semi, musim semi dan gerakan massa besar kurang dari kertas yang melekat pada bumi, dan di mana catatan getaran dibuat.
Gelombang seismik (3.39Megs simulasi freeware). Sumber gempa disebut fokus, yang merupakan lokasi yang tepat dalam bumi adalah gelombang seismik yang dihasilkan oleh pelepasan tiba-tiba energi elastis yang tersimpan. Pusat gempa adalah titik di permukaan bumi tepat di atas fokus. Kadang-kadang media mendapatkan kedua istilah bingung. Gelombang seismik yang berasal dari fokus dapat melakukan perjalanan dalam beberapa cara, dan dengan demikian ada beberapa jenis gelombang seismik.Jenis-jenis Gelombang SeismikTubuh Gelombang - berasal dari fokus dan perjalanan ke segala arah melalui tubuh Bumi.Ada dua jenis gelombang tubuh:seismicwaves.jpg

    
P - gelombang - adalah gelombang primer. Mereka melakukan perjalanan dengan kecepatan yang tergantung pada sifat elastis dari batuan di mana mereka bepergian.Vp = Ö [(K + 4/3m) / r]Dimana, Vp adalah kecepatan P-gelombang, K adalah inkompresibilitas materi, m adalah kekakuan material, dan r adalah densitas material.S-Gelombang - gelombang sekunder, juga disebut gelombang geser. Mereka melakukan perjalanan dengan kecepatan yang hanya bergantung pada kekakuan dan kepadatan materi melalui mana mereka melakukan perjalanan:Vs = Ö [(m) / r]

    
S-gelombang perjalanan melalui materi oleh geser atau mengubah bentuk dalam arah tegak lurus terhadap arah perjalanan. Ketahanan terhadap geser material adalah sifat yang disebut kekakuan. Perlu dicatat bahwa cairan memiliki kekakuan tidak, sehingga kecepatan S-gelombang adalah nol dalam cairan. (Poin ini akan menjadi penting kemudian). Perhatikan bahwa S-gelombang perjalanan lebih lambat dari P-gelombang, sehingga mereka akan mencapai seismograf setelah gelombang P-.

    
Permukaan Gelombang - gelombang Permukaan berbeda dari gelombang tubuh dalam bahwa mereka tidak bergerak di Bumi, melainkan perjalanan sepanjang jalan hampir sejajar dengan permukaan bumi. Gelombang permukaan berperilaku seperti S-gelombang di bahwa mereka menyebabkan naik turun dan sisi ke sisi gerakan ketika mereka, tetapi mereka melakukan perjalanan lebih lambat dari S-gelombang dan tidak melakukan perjalanan melalui tubuh Bumi.

Catatan dari gempa, seismograf, sebagaimana dicatat oleh seismometer, akan menjadi sebidang getaran terhadap waktu. Pada seismograf, waktu ditandai secara berkala, sehingga kita dapat menentukan waktu kedatangan gelombang P-pertama dan waktu kedatangan gelombang S-pertama.P-gelombang yang sama dengan gelombang suara. Mereka bergerak melalui materi dengan mengompresi itu, tapi setelah telah dikompresi mengembang, sehingga gelombang bergerak dengan mengompresi dan memperluas materi karena perjalanan. Dengan demikian kecepatan P-gelombang tergantung pada seberapa mudah materi dapat dikompresi (inkompresibilitas itu), bagaimana kaku bahan tersebut (kekakuan), dan kepadatan materi. P-gelombang memiliki kecepatan tertinggi dari semua gelombang seismik dan dengan demikian akan mencapai semua seismograf pertama.Karena P-gelombang memiliki kecepatan lebih tinggi dari S-gelombang, P-gelombang tiba di stasiun seismograf sebelum S-gelombang.
Lokasi Gempatravtime.gifLokasi Gempa - Dalam rangka untuk menentukan lokasi gempa bumi, kita perlu mencatat sebuah seismograf gempa dari setidaknya tiga stasiun seismograf pada jarak yang berbeda dari episentrum gempa. Selain itu, kita perlu satu bagian lebih lanjut dari informasi - yaitu waktu yang diperlukan untuk P-gelombang dan S-gelombang untuk bergerak di Bumi dan tiba di stasiun seismograf. Informasi tersebut telah dikumpulkan selama 80 tahun terakhir atau lebih, dan tersedia sebagai kurva waktu tempuh.

 

Dari seismograf di stasiun masing-masing menentukan interval SP (perbedaan waktu kedatangan gelombang S-pertama dan waktu kedatangan yang pertama P-gelombang Perhatikan bahwa pada kurva waktu tempuh, kenaikan SP dengan selang. meningkatnya jarak dari pusat gempa. Jadi interval SP mengatakan jarak ke pusat gempa dari stasiun seismograf di mana gempa tercatat. Jadi di setiap stasiun kita dapat menarik sebuah lingkaran di peta yang memiliki radius sama dengan jarak dari pusat gempa .Tiga lingkaran tersebut akan berpotongan di titik yang menempatkan episentrum gempa.


Magnitude Gempa
Magnitude Gempa - Setiap kali gempa yang merusak besar terjadi di dunia pers segera ingin tahu di mana gempa terjadi dan seberapa besar gempa itu (di California pertanyaannya adalah biasanya - Apakah ini Big One?). Ukuran gempa biasanya diberikan dalam bentuk skala disebut Richter. Richter adalah skala ukuran gempa yang dikembangkan oleh ahli gempa bernama Conrad Richter. Para Richter melibatkan pengukuran amplitudo (tinggi) dari gelombang rekaman terbesar pada jarak tertentu dari gempa. Meskipun itu benar untuk mengatakan bahwa untuk setiap kenaikan 1 di Richter, ada sepuluh kali lipat peningkatan amplitudo gelombang, itu tidak benar untuk mengatakan bahwa setiap peningkatan 1 dalam Richter merupakan peningkatan sepuluh kali lipat ukuran gempa (seperti yang biasa tidak benar dinyatakan oleh Pers).Sebuah ukuran yang lebih baik dari ukuran gempa bumi adalah jumlah energi yang dilepaskan gempa. Jumlah energi yang dilepaskan ini terkait dengan Skala Richter dengan persamaan berikut 
 Log E = 11,8 + 1,5 MDimana Login mengacu pada logaritma basis 10, E adalah energi yang dilepaskan dalam ergs, dan M adalah Richter. Siapapun yang memiliki kalkulator tangan dapat menyelesaikan persamaan ini dengan cara menghubungkannya dengan berbagai nilai M dan pemecahan untuk E, energi yang dilepaskan. Saya telah melakukan perhitungan untuk Anda dalam tabel berikut:Richter MagnitudeEnergi (ergs)Faktor12.0 x 101331 x26,3 x 101432,0 x 101631 x46,3 x 101752,0 x 101931 x66,3 x 102072,0 x 102231 x86,3 x 1023

Dari perhitungan ini Anda dapat melihat bahwa setiap kenaikan 1 di Richter merupakan peningkatan 31 kali lipat dalam jumlah energi yang dilepaskan. Dengan demikian, berkekuatan 7 gempa melepaskan energi 31 kali lebih dari gempa 6 besarnya. Sebuah gempa berkekuatan 8 melepaskan 31 x 31 atau 961 kali lebih banyak energi dari gempa 6 besarnya.Bom atom Hiroshima merilis sejumlah energi setara dengan gempa 5,5 magnitudo. Gempa bumi terbesar yang tercatat, gempa Alaska pada tahun 1964, memiliki Richter sekitar 8,6. Perhatikan bahwa gempa bumi yang lebih besar yang mungkin, tetapi belum dicatat oleh manusia.
Gempa RisikoRisiko bahwa gempa bumi akan terjadi dekat dengan tempat Anda tinggal tergantung pada apakah atau tidak aktivitas tektonik yang menyebabkan deformasi yang terjadi di dalam kerak daerah itu. Risikonya paling besar di daerah yang paling tektonik aktif, yang berada di dekat batas lempeng antara Australia dan PNG; di Selandia Baru dan Kepulauan Pasifik ditemukan di batas lempeng seperti Tonga, Filipina dan Indonesia. Mengapa gempa bumi terjadi di daerah-daerah lain tidak dipahami dengan baik. Jika gempa bumi terjadi sebelumnya, mereka diharapkan untuk terjadi lagi.
Kerusakan GempaBanyak ahli gempa mengatakan bahwa "gempa bumi tidak membunuh orang, bangunan lakukan". Hal ini karena kebanyakan kematian dari gempa bumi disebabkan oleh bangunan atau konstruksi manusia lainnya jatuh selama gempa bumi. Gempa berlokasi di daerah terpencil jauh dari populasi manusia jarang menimbulkan kematian. Dengan demikian, di daerah rawan gempa kode bangunan yang ketat membutuhkan desain dan konstruksi bangunan dan struktur lainnya yang akan menahan gempa besar akan mengurangi jumlah korban tewas.Kerusakan dari gempa bumi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:Sambil tanah - Gemetar dari tanah yang disebabkan oleh bagian dari gelombang seismik di dekat episentrum gempa bertanggung jawab atas runtuhnya struktur paling. Intensitas goncangan tanah tergantung pada jarak dari pusat gempa dan pada jenis batuan dasar yang mendasari daerah tersebut.

                
Secara umum, sedimen tidak dikonsolidasi longgar dikenakan gemetar lebih kuat dari batuan dasar yang solid.
                    
                
Kerusakan struktur bergoyang tergantung pada jenis konstruksi. Struktur beton dan batu, karena mereka rapuh lebih rentan terhadap kerusakan dari struktur kayu dan baja, yang lebih fleksibel.

                
Pecahnya tanah - tanah pecah hanya terjadi di sepanjang zona sesar yang bergerak selama gempa bumi. Dengan demikian struktur yang dibangun di zona sesar mungkin runtuh, sedangkan struktur yang dibangun berdekatan dengan, tetapi tidak menyeberangi kesalahan dapat bertahan hidup.

                
Api - Api adalah efek sekunder dari gempa bumi. Karena saluran listrik dapat merobohkan dan karena pipa gas alam dapat pecah karena gempa bumi, kebakaran sering mulai dekat setelah gempa bumi. Masalahnya diperparah jika saluran air juga rusak saat gempa karena tidak akan ada pasokan air untuk memadamkan kebakaran setelah mereka mulai. Dalam gempa bumi 1906 di San Francisco lebih dari 90% dari kerusakan bangunan disebabkan oleh kebakaran.
Mass-wasting Cepat Proses - Di daerah pegunungan mengalami gempa bumi mengguncang tanah dapat memicu massa membuang-buang cepat acara seperti jatuh batu dan puing-puing, batu dan slide puing-puing, kemerosotan, dan longsoran puing-puing.
Pencairan - Pencairan adalah proses yang terjadi pada air-sedimen jenuh tidak dikonsolidasi karena gemetar. Di daerah underlain oleh bahan tersebut, groundshaking menyebabkan biji-bijian gandum untuk kehilangan kontak gandum, dan dengan demikian materi cenderung mengalir. Anda dapat menunjukkan proses ini kepada diri sendiri saat Anda pergi pantai. Berdiri di atas pasir hanya setelah gelombang datang telah berlalu. Pasir dengan mudah akan mendukung berat badan Anda dan Anda tidak akan tenggelam sangat dalam ke pasir jika Anda berdiri diam. Tapi, jika Anda mulai mengguncang tubuh Anda saat ini berdiri di atas pasir basah, Anda akan melihat bahwa pasir mulai mengalir sebagai hasil dari pencairan, dan kaki Anda akan tenggelam lebih dalam ke pasir.

            
    
Tsunami - Tsunami adalah gelombang laut raksasa yang dengan cepat dapat melakukan perjalanan melintasi lautan, sebagaimana kita bahas di Samudra dan Marjin mereka. Gempa bumi yang terjadi di daerah pesisir dapat menghasilkan tsunami, yang dapat menyebabkan kerusakan ribuan kilometer jauhnya di sisi lain dari laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar